Hasil Telaah Rancangan Pembelajaran Menggunakan Prinsip UbD (PPG 2025)

Ruang Kolaborasi : Telaah Rancangan Pembelajaran Menggunakan Prinsip UbD

                    

 LINK MODUL AJAR YANG DITELAAH


DOKUMENTASI KEGIATAN TELAAH



Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Adhe Puspita Mayasari-Guru Bhs Inggris-Guru PEnggerak angkatan 7 2022)

 

 

Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Endah Patmawati-Guru PAI-Guru PEnggerak angkatan 11 2024)

            

Catatan:

  • Berdasarkan hasil telaah dari Adhe Puspita Mayasari yang dibuat masih terdapat kekurangan pada bagian desain aktifitas belajar karena masih kurang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep secara lebih mendalam.
  • Sedangkan berdasarkan hasil telaah dari Urfan RPP/Modul yang dibuat sudah menunjukkan tujuan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

Refleksi Diri Guru dan Area Perbaikan

Seorang guru melakukan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukannya, khususnya setelah memahami prinsip Understanding by Design (UbD). Ada beberapa area yang perlu diperbaiki:

  • Menentukan Tujuan Pembelajaran:
    • Perlu merumuskan pertanyaan esensial yang mendorong pemahaman mandiri siswa.
    • Perlu merumuskan tujuan pembelajaran dalam berbagai kategori kemampuan siswa, tidak hanya berfokus pada Capaian Pembelajaran (CP) tanpa memperhatikan kebutuhan spesifik siswa.
  • Langkah Menentukan Asesmen Pembelajaran:
    • Perlu merancang asesmen formatif yang berkelanjutan untuk mengukur CP selama proses pembelajaran.
    • Perlu mengembangkan instrumen penilaian autentik yang lebih baik.
  • Langkah Merancang Kegiatan Pembelajaran:
    • Perlu mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal siswa, tidak hanya terpaku pada sumber daya sekolah.

Berdasarkan refleksi ini, guru akan memperbaiki kualitas perangkat ajar yang dibuatnya agar pembelajaran menjadi lebih baik.


Keunggulan Rancangan Pembelajaran Berbasis UbD

Telaah terhadap rancangan pembelajaran berbasis prinsip Understanding by Design (UbD) menunjukkan beberapa keunggulan utama dalam menciptakan pembelajaran yang lebih terarah dan bermakna:

  • Fokus pada Hasil Akhir dan Pemahaman Mendalam: UbD adalah kerangka perencanaan yang dimulai dari hasil akhir yang diharapkan, menempatkan pemahaman mendalam sebagai tujuan utama. Ini menciptakan kejelasan arah dalam proses pembelajaran dan menghubungkan materi dengan kompetensi yang ingin dicapai.
  • Tujuan Pembelajaran yang Jelas dan Berorientasi Keterampilan Tinggi: Tujuan pembelajaran yang dirancang dengan UbD lebih terarah pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (analisis, evaluasi, sintesis), yang relevan untuk pendidikan abad 21.
  • Penilaian Autentik dan Berbasis Performa: Penilaian dalam UbD tidak hanya fokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses pembelajaran. Ini sering menggunakan performance-based assessment yang meminta siswa menerapkan konsep dalam situasi nyata, mengembangkan keterampilan praktis.
  • Penyesuaian Materi dengan Kebutuhan Siswa: UbD menekankan penyesuaian materi ajar dengan tingkat kemampuan siswa, mengakomodasi perbedaan individual melalui diferensiasi instruksional dan modifikasi tugas, sehingga pembelajaran lebih inklusif.
  • Pentingnya Refleksi: UbD menekankan refleksi bagi pengajar dan siswa untuk mengevaluasi efektivitas strategi dan memastikan tujuan pembelajaran tercapai.
  • Desain Pembelajaran Terintegrasi Antar-disiplin: UbD mendorong pengaitan konsep dari berbagai bidang studi untuk menciptakan pembelajaran holistik dan wawasan yang lebih luas.
  • Strategi Pembelajaran Variatif dan Interaktif: UbD mengutamakan metode pembelajaran aktif seperti diskusi kelompok, simulasi, dan project-based learning, meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa.
  • Penggunaan Teknologi Efektif: UbD mendukung integrasi teknologi sebagai alat bantu yang memperkaya pengalaman belajar dan memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel.

Tantangan Penerapan UbD

Meskipun banyak keunggulan, ada tantangan dalam penerapan UbD, yaitu keterbatasan waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk merancang pembelajaran yang mendalam dan bermakna. Namun, tantangan ini sebanding dengan peningkatan kualitas pembelajaran yang dihasilkan, di mana siswa tidak hanya memahami konsep secara permukaan tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam konteks yang lebih luas.


Secara keseluruhan, prinsip UbD sangat relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menempatkan pemahaman sebagai fokus utama, memprioritaskan penilaian autentik, dan menyusun kegiatan pembelajaran yang interaktif dan relevan.



Comments

Popular posts from this blog

HASIL ATS 1 2025/2026 SMP NEGERI 2 KRETEK

Hasil Telaah Video Pembelajaran Berdiferensiasi (PPG 2025)