Hasil Telaah Rancangan Pembelajaran Menggunakan Prinsip UbD (PPG 2025)
Ruang Kolaborasi : Telaah Rancangan Pembelajaran Menggunakan Prinsip UbD
LINK MODUL AJAR YANG DITELAAH
DOKUMENTASI KEGIATAN TELAAH
Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Adhe Puspita Mayasari-Guru Bhs
Inggris-Guru PEnggerak angkatan 7 2022)
Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Endah
Patmawati-Guru PAI-Guru PEnggerak angkatan 11 2024)
Catatan:
- Berdasarkan
hasil telaah dari Adhe Puspita Mayasari yang dibuat masih terdapat
kekurangan pada bagian desain aktifitas belajar karena masih kurang
mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep secara lebih mendalam.
- Sedangkan
berdasarkan hasil telaah dari Urfan RPP/Modul yang dibuat sudah
menunjukkan tujuan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.
Refleksi Diri Guru dan Area Perbaikan
Seorang guru melakukan refleksi diri terhadap kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukannya, khususnya setelah memahami prinsip
Understanding by Design (UbD). Ada beberapa area yang perlu diperbaiki:
- Menentukan
Tujuan Pembelajaran:
- Perlu
merumuskan pertanyaan esensial yang mendorong pemahaman mandiri siswa.
- Perlu
merumuskan tujuan pembelajaran dalam berbagai kategori kemampuan siswa,
tidak hanya berfokus pada Capaian Pembelajaran (CP) tanpa memperhatikan
kebutuhan spesifik siswa.
- Langkah
Menentukan Asesmen Pembelajaran:
- Perlu
merancang asesmen formatif yang berkelanjutan untuk mengukur CP selama
proses pembelajaran.
- Perlu
mengembangkan instrumen penilaian autentik yang lebih baik.
- Langkah
Merancang Kegiatan Pembelajaran:
- Perlu
mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal
siswa, tidak hanya terpaku pada sumber daya sekolah.
Berdasarkan refleksi ini, guru akan memperbaiki kualitas
perangkat ajar yang dibuatnya agar pembelajaran menjadi lebih baik.
Keunggulan Rancangan Pembelajaran Berbasis UbD
Telaah terhadap rancangan pembelajaran berbasis prinsip
Understanding by Design (UbD) menunjukkan beberapa keunggulan utama dalam
menciptakan pembelajaran yang lebih terarah dan bermakna:
- Fokus
pada Hasil Akhir dan Pemahaman Mendalam: UbD adalah kerangka perencanaan
yang dimulai dari hasil akhir yang diharapkan, menempatkan pemahaman
mendalam sebagai tujuan utama. Ini menciptakan kejelasan arah dalam proses
pembelajaran dan menghubungkan materi dengan kompetensi yang ingin
dicapai.
- Tujuan
Pembelajaran yang Jelas dan Berorientasi Keterampilan Tinggi: Tujuan
pembelajaran yang dirancang dengan UbD lebih terarah pada pengembangan
keterampilan berpikir tingkat tinggi (analisis, evaluasi, sintesis), yang
relevan untuk pendidikan abad 21.
- Penilaian
Autentik dan Berbasis Performa: Penilaian dalam UbD tidak hanya fokus pada
hasil akhir, tetapi juga pada proses pembelajaran. Ini sering
menggunakan performance-based assessment yang meminta
siswa menerapkan konsep dalam situasi nyata, mengembangkan keterampilan
praktis.
- Penyesuaian
Materi dengan Kebutuhan Siswa: UbD menekankan penyesuaian materi ajar
dengan tingkat kemampuan siswa, mengakomodasi perbedaan individual melalui
diferensiasi instruksional dan modifikasi tugas, sehingga pembelajaran
lebih inklusif.
- Pentingnya
Refleksi: UbD menekankan refleksi bagi pengajar dan siswa untuk
mengevaluasi efektivitas strategi dan memastikan tujuan pembelajaran
tercapai.
- Desain
Pembelajaran Terintegrasi Antar-disiplin: UbD mendorong pengaitan konsep
dari berbagai bidang studi untuk menciptakan pembelajaran holistik dan
wawasan yang lebih luas.
- Strategi
Pembelajaran Variatif dan Interaktif: UbD mengutamakan metode pembelajaran
aktif seperti diskusi kelompok, simulasi, dan project-based
learning, meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa.
- Penggunaan
Teknologi Efektif: UbD mendukung integrasi teknologi sebagai alat bantu
yang memperkaya pengalaman belajar dan memungkinkan pembelajaran yang
lebih fleksibel.
Tantangan Penerapan UbD
Meskipun banyak keunggulan, ada tantangan dalam penerapan
UbD, yaitu keterbatasan waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk merancang
pembelajaran yang mendalam dan bermakna. Namun, tantangan ini sebanding dengan
peningkatan kualitas pembelajaran yang dihasilkan, di mana siswa tidak hanya
memahami konsep secara permukaan tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam
konteks yang lebih luas.
Secara keseluruhan, prinsip UbD sangat relevan untuk
meningkatkan kualitas pendidikan dengan menempatkan pemahaman sebagai fokus
utama, memprioritaskan penilaian autentik, dan menyusun kegiatan pembelajaran
yang interaktif dan relevan.
Comments
Post a Comment